Selamat datang di blog kami Rumah Ikan Air Tawar.
Disini kami akan memberi anda tenyang info cara perawatan ikan air tawar sekaligus info nama ikan dan deretan info lainnya yang berkaitan dengan blog kami. kami juga berharap anda bisa menikmatinya, kalo kata kata yang kurang sopan , ya maap.sekian.
^_^.......

Rumah Ikan Air

Powered By Blogger

Kamis, 16 Agustus 2012

Discus


Diskus (Symphysodon discus) berasal dari perairan tenang Sungai Amazon. Sifatnya omnivora. Gerakannya sangat halus. Ikan ini pun terkenal sebagai "King of Aquarium".  Sebutan Discus bagi ikan ini mengacu pada bentuk tubuhnya yang menyerupai lempengan piring (disk) yang berdiri tegak. Discus termasuk dalam famili Cichlidae, dan tergolong dalam genus Symphysodon. Symphysodon berarti "memiliki gigi pada bagian tengah rahang".
Ada empat spesies diskus yang dibudidayakan walaupun semuanya disebut sebagai diskus, yaitu Heckel Discus (Symphysodon discus), Brown Discus (Symphysodon aequifasciata axetrodi), Green Discus (Symphysodon aequifasciata aequifasciata), dan Blue Discus (Symphysodon aequifasciata haroldi). Oleh karena penggemarnya sangat banyak, kreativitas peternak dan hobiis sangat diperlukan untuk memunculkan varietas baru yang lebih bagus. Hingga saat ini ada banyak varietas diskus, di antaranya ialah Red Pigeon, Marlboro, Brown Discus, dan Cobalt.

Suhu yang baik untuk pemeliharaan diskus berkisar 25-30° C. Sementara kisaran kualitas air seperti keasaman (pH) cukup lebar sekitar 5-6,5 dan kekerasan air lunak antara 3-5° dH. Pakan berupa pakan alami seperti cacing darah dan jentik nyamuk serta pakan buatan (pelet) khusus untuk diskus yang banyak dijual di pasaran.

Diawal sejarah pembudidayaannya, pengembangbiakan Discus pada awalnya mengacu pada Angel Fish (P. scalare) karena kesamaan dan dekatnya hubungan kedua ikan tersebut, yaitu dengan cara memindahkan telur, menetaskan mereka dalam tempat terpisah kemudian membesarkan burayaknya. Akan tetapi asumsi ini tidak berlaku. karena Discus ternyata diketahui memiliki cara perkembanganbiakkan yang khusus. Pembudidayaan Discus baru "berhasil" pada akhir tahun 1950-an yaitu pada "jaman" Jack Wattley di Amerika dan Eduard Schmidt-Focke di Jerman yang merintis usaha awal pembudidayaan ikan ini.

Jenis ikan Discus yaitu:

1. COBALT
2. RED TURQUOIS
3. PIGEON BLOOD
4. PIGEON SNAKE 
5. BLUE DIAMOND
6. BLUE SNAKESKIN 
7. RED MARLBORO
8. WHITE DRAGON
9. RED & WHITE
10. RED MELON 
11. SUPER RED MELON
12. SAN MERAH 
13. GOLDEN
14. LEOPARD
15. LEOPARD SNAKESKIN
     16. SNOW LEOPARD 
^_^      

1 komentar:

  1. Terimakasih sudah berbagi info yg menarik
    www.outboundmalangmurah.com

    BalasHapus